Penentuan Harga Jual Kendaraan Bekas Jenis Vespa Classic di Wilayah Buleleng

Penulis

  • Ida Bagus Diddo Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Ari Surya Darmawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiah.v12i1.36830

Kata Kunci:

Harga, Jual, Kendaraan, Vespa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara dalam menentukan harga jual kendaraan bekas jenis vespa classic menurut penjual vespa classic dan juga mewawancarai salah satu dari pembeli vespa classic dalam membeli suatu kendaraan yang sudah tua namun langka dan mahal di pasaran yang memperjual belikan kendaraan bekas roda dua. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah Pemilik bengkel D n A Vespa sekaligus penjual vespa classic dan Pembeli kendaraan vespa classic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dalam menentukan harga kendaraan bekas jenis vespa classic sudah sesuai dengan kriteria teori harga pokok penjualan serta penetapan harga jual. 2) Hasil berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan salah satu konsumen vespa classic menyebutkan bahwa daya tarik vespa classic saat ini tergolong tinggi karena kendaraan ini sudah tidak diproduksi lagi oleh pabrik sejak tahun 2007 yang memberikan kesan antik dan langka, sehingga para konsumen berani membeli kendaraan tersebut dengan harga yang tergolong tinggi.

Biografi Penulis

Ida Bagus Diddo Kusuma, Universitas Pendidikan Ganesha

Mahasiswa Undiksha Jurusan Akuntansi Program S1

Referensi

Atika Sari. 2008. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi untuk Menentukan Harga Jual Dengan Metode Full Costing (Studi Kasus Konfeksi Tijay Jeans Soreang, Bandung). Skripsi pada Program Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan. Bandung.

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran. Rajawali Press. Jakarta.

Buchari Alma. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Basu Swastha dan Irwan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Daljon. 2011. Akuntansi Biaya : Penentuan Harga Pokok dan Pengendalian. Badan Penerbit universitas Diponegoro. Semarang.

Gitosudarmo, indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua. Cetakan kedua. BPEE. Yogyakarta.

Galih Rizkiana, 2017. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Konveksi Wazha67 Kp.Kanayakan Desa Cijagra Kecamatan Paseh Kabupaten, Bandung). Skripsi pada program Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan. Bandung.

Narayana, K., & Dharmawan, A. S. (2021). Accounting Of Barapan Kebo:" Determining The Price Of Sales"(Empirical Study In Sumbawa Besar District, West Nusa Tenggara). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 12(1), 723-732.

Diterbitkan

2022-08-13

Terbitan

Bagian

Articles