Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Faktor Sosial Budaya, Motivasi Hedonis Dan Nilai Harga Terhadap Minat Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiah.v12i1.38188Kata Kunci:
Minat Penggunaan, QRISAbstrak
QRIS ialah standarisasi pembayaran melalui QR Code yang diluncurkan oleh BI supaya transaksi pembayaran menggunakan QR Code menjadi lebih praktis, cepat, serta aman. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, faktor sosial budaya, motivasi hedonis, dan nilai harga terhadap minat penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada pengguna mobile banking dan pernah menggunakan QRIS di Kota Singaraja. Jenis riset ini ialah penelitian kuantitatif berupa data primer diperoleh melalui kuesioner. Teknik insidental sampling digunakan pada penelitian ini dengan jumlah sampel sebanyak 80 pengguna mobile banking yang pernah menggunakan QRIS di Kota Singaraja. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Data diolah menggunakan bantuan software SPSS versi 24. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, motivasi hedonis, dan nilai harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan QRIS, sedangkan faktor sosial budaya tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan QRIS.
Referensi
Ariyanto, D., Sari, M. M. R., & Ratnadi, N. M. D. 2017. "Budaya Tri Hita Karana dalam Model UTAUT". The International Encyclopedia of Primatology. https://doi.org/10.1002/9781119179313.wbprim0302.
Auliya, N. 2018. "Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology 2 Terhadap Minat Dan Perilaku Penggunaan E-Ticket Di Yogyakarta". Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Bank Indonesia. 2019. "Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)". Tersedia pada https://www.bi.go.id/QRIS/Contents/Default.aspx (diakses pada tanggal 1 November 2020).
Brown, S. A., & Venkatesh, V. 2005. "Model of adoption of technology in households: A baseline model test and extension incorporating household life cycle". MIS quarterly, 399-426.
Charisma, J. A. 2020. "Analisis minat dan perilaku pengguna e-wallet: Perluasan UTAUT2 dengan budaya sebagai moderasi: Studi pada Mahasiswa di Kota Malang". Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Davis, F. D. 1989. "Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology". MIS quarterly, 319-340.
Diana, N. 2018. "Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money Di Indonesia". Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Dzulhaida, R., & Giri, R. R. W. 2017. "Analisis minat masyarakat terhadap penggunaan layanan e-money di indonesia dengan menggunakan model modifikasi unified theory of acceptance and use technology 2 (UTAUT2)". Majalah Ilmiah UNIKOM, 15(2).
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gupta, A., Dogra, N., & George, B. 2018. "What determines tourist adoption of smartphone apps?". Journal of Hospitality and Tourism Technology, 9(1), 50–64. doi:10.1108/jhtt-02-2017-0013.
Gupta, K., & Arora, N. 2019. "Investigating consumer intention to accept mobile payment systems through unified theory of acceptance model". South Asian Journal of Business Studies, 9(1), 88–114. doi:10.1108/sajbs-03-2019-0037
Hair, et al., 2010. "Multivariate Data Analysis". Seventh Edition. Prentice Hall. In England: Pearson.
Jayanti, P. E., & Ariyanto, D. 2019. "Pengaruh Ekspektansi Kinerja, Ekspektansi Usaha, Faktor Sosial Budaya, dan Kondisi yang Memfasilitasi pada Penerapan SIA di LPD Kota Denpasar". E-Jurnal Akuntansi, 27(1), 534-567.
Khan, I. U., Hameed, Z., & Khan, S. U. 2017. "Understanding Online Banking Adoption in a Developing Country". Journal of Global Information Management, 25(1), 43–65. doi:10.4018/jgim.2017010103.
Pertiwi, N. W. D. M. Y., & Ariyanto, D. 2017. "Penerapan Model UTAUT2 Untuk Menjelaskan Minat dan Perilaku Penggunaan Mobile banking Di Kota Denpasar". E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(2), 1369-1397.
Prasetya, I. G. B. I., & Purnamawati, I. G. A. 2020. "Pengaruh Nilai Harga, Motivasi Hedonis, Kebiasaan Dan Daya Tarik Promo Terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment OVO". Jurnal Akuntansi Profesi, 11(1), 148-158.
Putri, N. K. R. D., & Suardikha, I. M. S. 2020. "Penerapan Model UTAUT2 Untuk Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money di Kota Denpasar". E-Jurnal Akuntansi, 30(2), 540-555.
Sahara, Nida. 2021. "Sepanjang 2020, BI Catat Transaksi Digital Banking Capai Rp 2.774,5 Triliun". Tersedia pada https://investor.id/finance/sepanjang-2020-bi-catat-transaksi-digital-banking-capai-rp-27745-triliun. (diakses pada tanggal 18 Mei 2021).
Santoso, S. 2015. Menguasai Statistik NonParametrik: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sutanto, S., Ghozali, I., & Handayani, R. S. 2018. "Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan dan Penggunaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (Sipkd) Dalam Perspektif the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) Di Kabupaten Semarang". Jurnal Akuntansi dan Auditing, 15(1), 37-68.
Tak, P., & Panwar, S. 2017. "Using UTAUT 2 model to predict mobile app based shopping: evidences from India". Journal of Indian Business Research, 9(3), 248–264. doi:10.1108/jibr-11-2016-0132.
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. 2003. "User acceptance of information technology: Toward a unified view". MIS Quarterly: Management Information Systems. https://doi.org/10.2307/30036540.
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. 2012. "Consumer acceptance and use of information technology: Extending the unified theory of acceptance and use of technology". MIS Quarterly: Management Information Systems. https://doi.org/10.2307/41410412.
Wulandari, N. P. A., & Yadnyana, I. K. 2016. "Penerapan Model Unified Theory Of Acceptance". E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(2), 1270–1297.