Pengaruh Sikap Keuangan, Tingkat Pendapatan, dan Tingkat Pendidikan terhadap PeriIaku PengeIoIaan Keuangan KeIuarga dengan Literasi Keuangan Sebagai VariabeI Intervening
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiah.v13i1.47393Abstrak
Tujuan riset ialah untuk menguji pengaruh sikap keuangan, tingkat pendapatan, dan tingkat pendidikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga yang dimodulasi oleh literasi keuangan. Jenis riset ini termasuk daIam telaah kuantitatif dengan instrumen riset berupa angket. Populasi dalam telaah ini ialah keluarga di Kabupaten Banjar dengan jumlah sampel 394 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Pendekatan analisis data dalam riset ini mempergunakan uji regresi linier berganda, uji analisis jalur, dan uji Sobel. Hasilnya menunjukkan bahwasanya sikap keuangan berpengaruh langsung terhadap perilaku pengelolaan keuangan dan literasi keuangan; tingkat pendapatan berpengaruh langsung terhadap perilaku pengelolaan keuangan, tetapi tidak secara langsung mempengaruhi literasi keuangan; tingkat pendidikan berpengaruh langsung terhadap perilaku pengelolaan keuangan dan literasi keuangan; literasi keuangan mampu memediasi sikap keuangan dan tingkat pendidikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga; sedangkan literasi keuangan tidak mampu memediasi tingkat pendapatan terhadap perilaku pengelolaan keuangan.