Analisis Sistem Informasi Akuntansi dalam Prosedur Penagihan Pembayaran Rekening Air Pelanggan pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Hita Buleleng
Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiah.v13i2.61475Kata Kunci:
Sistem Informasi Akuntansi, Prosedur, Penagihan Pembayaran, Tunggakan, Perusahaan Umum Daerah Air MinumAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis implementasi SIA dalam prosedur penagihan pembayaran rekening air pelanggan. Penelitian ini memiliki latar belakang, permasalahan banyaknya piutang pelanggan yang sudah jatuh tempo dan tidak dapat tertagih maka diperlukan SIA sebagai bentuk pengendalian agar prosedur dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data interaktif. Objek penelitian ini adalah prosedur penagihan pembayaran rekening air. Informan penelitian ini adalah direktur umum, kasubag TI, pembaca meter, penagihan, dan akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIA sudah memadai karena lima komponen yaitu: personil, prosedur, data, hardware, dan software sudah terpenuhi dan telah berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Adapun terkadang kendala yang dihadapi yaitu terkendala jaringan dan kurangnya kesadaran pelanggan melakukan pembayaran tagihan. Namun hal tersebut sejauh ini sudah dapat teratasi dengan baik melalui strategi yang dilaksanakan oleh perusahaan sehingga kualitas pelayanan tetap maksimal.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Putu Sri Suhartinah Ayuningbumi, Julianto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.