Pengaruh Biaya Kualitas, Biaya Promosi Dan Biaya Produksi Terhadap Perubahan Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiah.v13i3.61818Kata Kunci:
Biaya kualitas, biaya promosi, biaya produksi, laba bersihAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas, biaya promosi dan biaya produksi terhadap perubahan laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang dapat diakses melalui website resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh perusahaan manufaktur sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2021 sebanyak 11 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan mendapatkan jumlah sampel sebanyak 36 sampel dari 9 perusahaan. Data yang diperoleh selanjutnya diuji dan dianalisis dengan uji analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan software SPSS versi 25. Dari analisis data tersebut menunjukan hasil penelitian bahwa: biaya kualitas dan biaya promosi tidak berpengaruh terhadap laba bersih, biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih, serta biaya kualitas, biaya promosi dan biaya produksi berpengaruh secara simultan terhadap laba bersih.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ni Putu Sintia Dewi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.