PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP OVERPRICING HARGA SAHAM PERDANA DI BEI TAHUN 2018-2023
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiah.v13i2.62621Kata Kunci:
Overpricing, IPO, Profitabilitas, Leverage, Ukuran PerusahaanAbstrak
Penelitian ini dimaksudkan guna mendapatkan informasi terkait bagaimanakah pengaruh
profitabilitas (ROA), leverage (DER), dan juga ukuran perusahaan pada fenomena overpricing
harga saham perdana. Populasi terhadap penelitian yang dilakukan ini merupakan berbagai
perusahaan yang IPO selama tahun 2018 hingga tahun 2023 yang berjumlah 295 emiten.
Digunakannya metode purposive sampling menjadikan sampel terpilij adalah 30 perusahaan gopublic. Dimana 30 perusahaan tersebut mengalami overpricing saat penawaran saham perdana. Pada
proses analisis digunakan salah satu teknik yaitu regresi linier berganda. Pada penelitian kali ini
akan menggunakan beberapa rasio guna mengidentifikasi pengaruh tingkat profitabilitas, leverage,
serta ukuran perusahaan terhadap terjadinya overpricing adalah Return on Assets Ratio (RAO), Debt
to Equity Ration (DER), dan besaran total aset yang dimiliki perusahaan. Melalui penelitian yang
dilakukan didapatkan hasil bahwa profitabilitas tidaklah berpengaruh terhadap tingkat overpricing,
leverage tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat overpricing, akan tetapi pada ukuran perusahaan
ternyata berpengaruh terhadap tingkat overpricing.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Padma Dewi Piranti Piranti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.