PERSEPSI PRAKTISI AKUNTANSI TERHADAP KELAYAKAN HASIL PENGEMBANGAN BUKU AJAR PRAKTIK AKUNTANSI DASAR BERBASIS KOMPUTER
DOI:
https://doi.org/10.23887/vjra.v2i2.1926Abstract
TERHADAP KELAYAKAN HASIL PENGEMBANGAN
BUKU AJAR PRAKTIK AKUNTANSI DASAR BERBASIS KOMPUTER
Oleh :
Gede Adi Yuniarta
Jurusan Akuntansi Program Diploma III, FEB Undiksha
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi praktisi akuntansi terhadap kelayakan hasil pengembangan buku ajar praktik akuntansi dasar berbasis komputer. Untuk dapat mencapai tujuan penelitian ini maka sistematika yang digunakan di bagi menjadi empat tahapan yaitu : tahap persiapan, tahap pelaksanaan evaluasi, tahap analisa dan revisi akhir, dan tahap pelaporan. Persepsi para praktisi terhadap kelayakan buku ajar dibagi menjadi 4 dimensi yaitu : bukti langsung (tangible), keandalan (reability), daya tanggap (responsivenes), dan jaminan (asurance). Data dianalisis dengan teknik deskriftif yaitu dengan mendeskripsikan hasil dari persepsi praktisi dan untuk mengetahui kelayakan buku ajar maka dianalisis dengan menentukan indeks kelayakan untuk menentukan tingkat kelayakan buku ajar untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi praktisi akuntansi menyatakan bahwa bahan ajar praktik akuntansi dasar berbasis komputer adalah sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran namun masih perlu untuk disempurnakan sesuai dengan masukan para praktisi.
Kata Kunci : Persepsi, Praktisi Akuntansi, Buku Ajar Praktik akuntansi Dasar
Abstract
This research aimed at finding out the perceptions of accounting practitioners on the feasibility of the development result of computer-based textbook basic accounting practice. In order to achieve the research objective, therefore systematic used in this study was divided into four stages, namely: preparation stage, implementation stage of evaluation, analysis and revision stage, and reporting stage. Perceptions of practitioners’ feasibility toward the textbook were divided into four dimensions, namely:tangible, reliability, responsiveness, and assurance. Data were analyzed with descriptive technique to describe the results of the perception of practitioners and to know the feasibility of textbook; the data were analyzed by determining the feasibility indices to determine the feasibility level of the textbook to be applied in the learning process. Research results showed the perceptions of accounting practitioners claimed that computer-based accounting basis was very feasible to be used in the learning process; however, it still necessitated to be perfected in accordance with the input of practitioners.
Keywords: perception, accounting practitioners, textbook basic accounting practice