Pengaruh Growth Opportunity dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/vjra.v11i02.48156Abstrak
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh growth opportunity serta profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Desain penelitian yakni kuantitatif kausal. Subjek penelitian yakni Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia serta objek penelitian adalah growth opportunity, profitabilitas, dan nilai perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan. Data dikumpulkan melalui pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) growth opportunity serta profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) growth opportunity berpengaruh positif serta signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas berpengaruh positif serta signifikan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Kata kunci: growth opportunity, nilai perusahaan, profitabilitas
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.