Pengaruh Growth Opportunity dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Sagita Ramadhanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Cipta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/vjra.v11i02.48156

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh growth opportunity serta profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Desain penelitian yakni kuantitatif kausal. Subjek penelitian yakni Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia serta objek penelitian adalah growth opportunity, profitabilitas, dan nilai perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan. Data dikumpulkan melalui pencatatan dokumen, dan dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) growth opportunity serta profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) growth opportunity berpengaruh positif serta signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas berpengaruh positif serta signifikan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 

Kata kunci: growth opportunity, nilai perusahaan, profitabilitas

Diterbitkan

2022-12-30