Pengaruh Faktor Ekspektasi Kinerja, Nilai Harga, Motivasi Hedonis dan Sosial terhadap Minat Masyarakat Kabupaten Buleleng dalam Penggunaan Mobile Banking
DOI:
https://doi.org/10.23887/vjra.v10i01.56339Abstrak
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari faktor ekspektasi kinerja, nilai harga, motivasi hedonis dan sosial terhadap minat masyarakat dalam penggunaan mobile banking. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif asosiatif dengan data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 346 orang masyarakat Kabupaten Buleleng yang berusia 20-24 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan tabel Issac dan Michael. Data penelitian diolah dan dianalisis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa masing-masing variabel ekspektasi kinerja, nilai harga dan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan mobile banking. Sedangkan, variabel motivasi hedonis tidak memiliki pengaruh terhadap minat masyarakat dalam menggunakan mobile banking. Seluruh variabel independen dalam penelitian ini dijelaskan dengan teori UTAUT 2 (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology).
Kata kunci: Ekspektasi kinerja, nilai harga, motivasi hedonis, sosial, minat penggunaan mobile banking, UTAUT2
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.