PENGARUH MODAL USAHA, LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN SOCIAL COMMERCE TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/vjra.v12i2.62145Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan modal usaha, literasi keuangan dan penggunaan social commerce terhadap keberlanjutan usaha mikro, kecil dan menengah di Kecamatan Buleleng. Populasi penelitian ini yaitu pelaku UMKM yang telah memiliki izin usaha dan terdaftar di Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi, UKM Kabupaten Buleleng sejumlah 842 usaha. Teknik penentuan sampel yang digunakan yakni purposive sampling dan rumus slovin yaitu sebanyak 89 responden. Penggumpulan data penelitian dilakukan menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara langsung dan melalui google formulir. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS v.20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modal usaha tidak berpengaruh terhadap keberlanjutan usaha, (2) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan usaha dan (3) penggunaan social commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan usaha.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.