IMPLEMENTASI KOOPERATIF TPS MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12614Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket. melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 2 Singaraja, sejumlah 36 orang, yaitu 23 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Data dianalisis menggunnakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar secara klasikal teknik dasar passing bola basket pada siklus I adalah 7,2 (aktif), dan meningkat menjadi 8,5 (aktif) pada siklus. Sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 80,5% (baik), dan meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Maka disarankan kepada guru penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket.Downloads
Published
2017-11-24
How to Cite
Sugiantara, I. W. E. (2017). IMPLEMENTASI KOOPERATIF TPS MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12614
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)