PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Feri Poko

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaranexamples non examplesdi kelas IV SD Negeri4KaliuntuSemester I TahunPelajaran 2017/2018.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu yang berjumlah 33 orang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen pengumpulan data hasil belajar yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,21 dari prasiklus ke siklus I, sebesar 0,39 dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar IPS siswa dari prasiklus ke siklus II sebesar 0,52. Rata-rata peningkatan nilai hasil IPS siswa dari prasiklus hingga siklus II sebesar 0,3 yang tergolong pada kategori sedang. Sehingga tujuan penelitian ini tercapai bahwa penerapan model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12615

Article Metrics

Abstract view : 321 times
PDF file view : 321 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jurnalpenelitianpendidikan@gmail.com

 


Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.