PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Feri Poko Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12615

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaranexamples non examplesdi kelas IV SD Negeri4KaliuntuSemester I TahunPelajaran 2017/2018.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu yang berjumlah 33 orang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen pengumpulan data hasil belajar yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,21 dari prasiklus ke siklus I, sebesar 0,39 dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar IPS siswa dari prasiklus ke siklus II sebesar 0,52. Rata-rata peningkatan nilai hasil IPS siswa dari prasiklus hingga siklus II sebesar 0,3 yang tergolong pada kategori sedang. Sehingga tujuan penelitian ini tercapai bahwa penerapan model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2017-11-24

How to Cite

Poko, F. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12615

Issue

Section

Articles