PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN EJAAN DAN TANDA BACA DALAM MENULIS TEKS LAPORAN OBSERVASI DENGAN METODE JIGSAW

S Sibawae

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menggunakan ejaan dan tanda baca dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan metode Jigsaw siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja, berjumlah 27 orang dengan rincian 14 orang putra dan 13 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dalam menggunakan ejaan dan tanda baca siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja dalam menulis teks laporan hasil observasi. Hal tersebut dilihat dari data: 1)kesalahan penulisan huruf kapital sejumlah 61 kesalahan, 2) kesalahan preposisi atau kata depan sejumlah 67 kesalahan, 3) kesalahan tanda koma sejumlah 117, 4) dan kesalahan tanda titik sejumlah 41 kesalahan. Setelah dilaksanakan penelitian menggunakan metode Jigsaw diperoleh hasil, yaitu siswa yang melakukan kesalahan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca menurun dari 172 pada siklus I menjadi 52 kesalahan pada siklus II. Apabila diklasifikasikan , yaitu 1) kesalahan penggunaan huruf kapital/kecil mengalami penurunan dari 47 kesalahan pada siklus I menjadi 12 kesalahan pada siklus II, 2) siswa yang melakukan kesalahan penggunaan kata depan dari 31 kesalahan pada siklus I menjadi 10 kesalahan pada siklus II, 3) Siswa yang melakukan kesalahan penggunaan tanda baca berupa koma (,) dari 70 kesalahan pada siklus I menjadi 20 kesalahan pada siklus II. 4) Siswa yang melakukan kesalahan penggunaan tanda baca berupa titik (.) dari 24 kesalahan pada siklus I menjadi 10 kesalahan pada siklus II. Respons siswa juga meningkat dari rata-rata 57 pada siklus I menjadi 63 pada siklus II. Walaupun masih dalam kriteria yang sama, yaitu kriteria positif.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12616

Article Metrics

Abstract view : 534 times
PDF file view : 719 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jurnalpenelitianpendidikan@gmail.com

 


Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.