IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN DAN SIKAP LILIN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12617Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, berjumlah 30 orang dengan 18 orang putra dan 12 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin secara klasikal pada observasi awal 6,2(cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 7( aktif), dan 7,9 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 20% (tuntas), pada siklus I menjadi 66,7%(tuntas) dan 100%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)