IMPLEMENTASI KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET

Authors

  • I Wayan Oka Pranatha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan bentuk guru sebagai peneliti. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja, yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 13 siswa putri dan 22 siswa putra. Hasil analisis data penelitian didapatkan aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan 33,2% pada observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 28,5% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 61,8% dari observasi awal ke siklus II. Sedangkan hasil belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan sebesar 42,8% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 37,2% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 81,0% dari observasi awal ke siklus II.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar guru PJOK mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Downloads

Published

2017-11-24

How to Cite

Pranatha, I. W. O. (2017). IMPLEMENTASI KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v1i1.12618

Issue

Section

Articles