IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA

Komang Budi Satriawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan gerak passing permainan sepakbola menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian ini merupakan

penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI UPW B SMK Negeri 1 Singaraja, sejumlah 35 siswa. Data dianalisis menggunnakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal adalah 46% dan meningkat menjadi 86% pada siklus II, sedangkan hasil belajar aspek sikap secara klasikal pada siklus I adalah 63% sedangkan pada siklus II adalah 91%, pada aspek pengetahuan siklus I diperoleh secara klasikal 51% dan meningkat menjadi 86% di siklus II. Aspek keterampilan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 66% dan mingkat menjadi 89% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar keterampilan gerak passing permainan sepakbola menggunakan kaki bagian dalam meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepakbola.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.