IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12621Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan gerak passing permainan sepakbola menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI UPW B SMK Negeri 1 Singaraja, sejumlah 35 siswa. Data dianalisis menggunnakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal adalah 46% dan meningkat menjadi 86% pada siklus II, sedangkan hasil belajar aspek sikap secara klasikal pada siklus I adalah 63% sedangkan pada siklus II adalah 91%, pada aspek pengetahuan siklus I diperoleh secara klasikal 51% dan meningkat menjadi 86% di siklus II. Aspek keterampilan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 66% dan mingkat menjadi 89% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar keterampilan gerak passing permainan sepakbola menggunakan kaki bagian dalam meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepakbola.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)