PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA

Authors

  • Desy Sri Natalia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12625

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 3 Singaraja dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video, (2) mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 3 Singaraja, (3) mengetahui respons siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 3 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Singaraja. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 2 Singaraja. Objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu (1) metode observasi, (2) metode tes, dan (3) metode angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata klasikal siswa dari 70,55 pada siklus I meningkat menjadi 75,91 pada siklus II. (2) Ada tujuh belas langkah-langkah proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang efektif dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video, (3) mengacu pada hasil kuesioner, siswa memberikan respons positif terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video pada pembelajaran menulis teks eksposisi

Downloads

Published

2017-11-24

How to Cite

Natalia, D. S. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12625

Issue

Section

Articles