Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Permainan Crossword Fuzle terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • dian novita sari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15340

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan permainan crossword fuzle dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 323 orang yang tersebar dalam 9 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 4 Ubung sebagai kelompok eksperimen dan siswa  kelas IVB SDN 3 Ubung sebagai kelompok kontrol. Data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 37 butir soal yang divalidasi. Data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan t-test. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok  siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan permainan crossword fuzle dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung = 4,833 dan pada taraf signifikansi 5% (α=0,05) dengan dk = (34+36)–2 = 68 diperoleh ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung =4,833>ttabel(α=0,05) = 2,000. Demikian pula nilai rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen X ̅= 0.505>X ̅= 0.331 rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran scramble berbantuan permainan crossword fuzle berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Published

2018-07-29

How to Cite

novita sari, dian. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Permainan Crossword Fuzle terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15340

Issue

Section

Articles