Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Permainan Crossword Fuzle terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15340Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan permainan crossword fuzle dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 323 orang yang tersebar dalam 9 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 4 Ubung sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SDN 3 Ubung sebagai kelompok kontrol. Data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 37 butir soal yang divalidasi. Data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan t-test. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan permainan crossword fuzle dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung = 4,833 dan pada taraf signifikansi 5% (α=0,05) dengan dk = (34+36)–2 = 68 diperoleh ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung =4,833>ttabel(α=0,05) = 2,000. Demikian pula nilai rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen X ̅= 0.505>X ̅= 0.331 rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran scramble berbantuan permainan crossword fuzle berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV di SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018.Downloads
Published
2018-07-29
How to Cite
novita sari, dian. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Permainan Crossword Fuzle terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15340
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)