Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving

Authors

  • Gusti Ayu Dessy Sugiharni Pendidikan Matematika, STMIK STIKOM BALI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15378

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil validasi konten media pembelajaran interaktif berorientasi model Creative Problem Solving. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Uji validitas yang dilakukan menggunakan pendekatan Content Validity Index (CVI). Hasil penelitian ini menunjukakan menunjukkan nilai rata-rata item-level content validity index dari hasil perhitungan uji validitas yaitu sebesar 0.95 pada aspek pendidikan, 0.91 pada aspek tampilan program dan  0.87 pada aspek kualitas teknis. Ini berarti media pembelajaran interaktif berorientasi model Creative Problem Solving sangat relevan untuk dikembangkan penggunaannya ditinjau dari aspek pendidikan, aspek tampilan program dan  aspek kualitas teknis. Hal tersebut tidak terlepas dari kerelevanannya baik itu dinilai dari segi pembelajaran, kurikulum, isi materi, interaksi, balikan, penanganan kesalahan, pewarnaan, pemakaian kata dan bahasa, tampilan pada layar, grafis, animasi, suara, perintah menu dan tampilan desain, pengoperasian program, reaksi pemakaian, keamanan program, fasilitas pendukung atau tambahannya melalui beberapa revisi kecil yang harus dilakukan  demi kesempurnaan dan kepuasan respon dari pengguna media.

Downloads

Published

2018-08-03

How to Cite

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 88–95. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15378

Issue

Section

Articles