Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15386Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2017/2018 yang mengikuti pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia dan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang masih menerapkan KTSP di Gugus I Kecamatan Kuta Utara, yang terdiri atas 10 kelas dengan jumlah 339 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SD No. 7 Dalung dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB SD No. 4 Dalung dengan jumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data hasil belajar IPA siswa dianalisis menggunakan uji-t. Dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelompok eksperimen =80,89 > kelompok kontrol =72,85, yang berarti tedapat pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung =4,517 > ttabel =2,000 dengan dk= 62 dan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat diinterpestasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2017/2018Downloads
Published
2018-08-03
How to Cite
Karwati, N. P. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 105–112. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15386
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)