Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa

Authors

  • Ni Pt Rasni Karwati Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2017/2018 yang mengikuti pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia dan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang masih menerapkan KTSP di Gugus I Kecamatan Kuta Utara, yang terdiri atas 10 kelas dengan jumlah 339 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SD No. 7 Dalung dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB SD No. 4 Dalung dengan jumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data hasil belajar IPA siswa dianalisis menggunakan uji-t. Dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelompok eksperimen =80,89 > kelompok kontrol =72,85, yang berarti tedapat pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung =4,517 > ttabel =2,000 dengan dk= 62 dan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat diinterpestasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2017/2018

Downloads

Published

2018-08-03

How to Cite

Karwati, N. P. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 105–112. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15386

Issue

Section

Articles