Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Karakter terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • Ni Nyoman Rai Sawitri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15393

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis karakter terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan yang berjumlah 301 orang. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan mengacak kelas. Sampel yang didapatkan disetarakan terlebih dahulu menggunakan teknik matching. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan cara mengundi sehingga diperoleh siswa kelas IV SDN 11 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 1 Sesetan dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa yang berjumlah 32 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPS dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,52 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 58 diperoleh harga ttabel=2,000 sehingga thitung = 3,52 > ttabel = 2,000. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berbasis karakter terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SDN Gugus Pattimura Denpasar Selatan tahun pelajaran 2017/2018

Downloads

Published

2018-08-03

How to Cite

Sawitri, N. N. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Karakter terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 129–135. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15393

Issue

Section

Articles