Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Kadek Nova Restyani Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis potofolio terhadap kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis porotofolio dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Dewi Sartika yang terdiri dari 7 kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 271 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 13 Pedungan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 3 Pedungan sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis portofolio dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung 5,405 dan pada taraf signifikansi 5% (=0,05) dengan dk = (26+44)-2 = 68 diperoleh ttabel 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 5,405 > ttabel (=0,05) = 2,000. Nilai rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen X1= 0,60 > X2= 0,40 rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis portofolio berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V di SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan, dan model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis portofolio dapat digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna.

Downloads

Published

2018-08-03

How to Cite

Restyani, N. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 168–175. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399

Issue

Section

Articles