Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis potofolio terhadap kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis porotofolio dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Gugus Dewi Sartika yang terdiri dari 7 kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 271 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 13 Pedungan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 3 Pedungan sebagai kelompok kontrol. Hasil analisis menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis portofolio dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung 5,405 dan pada taraf signifikansi 5% (=0,05) dengan dk = (26+44)-2 = 68 diperoleh ttabel 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 5,405 > ttabel (=0,05) = 2,000. Nilai rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen X1= 0,60 > X2= 0,40 rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis portofolio berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V di SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Selatan, dan model pembelajaran Discovery Inquiry berbasis portofolio dapat digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna.Downloads
Published
2018-08-03
How to Cite
Restyani, N. K. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Inquiry Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 168–175. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15399
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)