Bimbingan Teknis Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Instrumen Evaluasi Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16278Abstract
Penelitian tindakan ini dilaksanakan terhadap guru SMP Negeri 2 Singaraja, semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan tujuan meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat evaluasi hasil belajar, melaui kegiatan bimbingan teknis oleh kepala sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data kemampuan guru diperoleh melalui observasi dan penilaian terhadap produk perangkat penilaian hasil belajar yang dihasilkan, selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil implementasi bimbingan teknis penyusunan perangkat evaluasi hasil belajar, yaitu sebagai berikut. 1) Kondisi awal rata-rata skor kemampuan secara umum 40,79 kategori kurang mampu. Jika dirinci kemampuan guru per sub-komponen maka sub-komponen konstruksi skor 13,83 kategori kurang mampu, sub-komponen materi skor 8,17 kategori kurang mampu, dan sub-komponen bahasa skor 18,79 kategori kurang mampu. 2) Hasil siklus ke-1 secara umum skor 70,29 kategori cukup mampu, Jika dirinci kemampuan guru per sub-komponen maka sub-komponen konstruksi skor 18,21 kategori cukup mampu, sub-komponen materi skor 14,25 kategori mampu, dan sub-komponen bahasa skor 37,83 kategori mampu. 3) Hasil Siklus ke-2 kemampuan umum skor 83,88 kategori mampu, Jika dirinci kemampuan guru per sub-komponen maka sub-komponen konstruksi skor 23,33 kategori mampu, sub-komponen materi skor 18,54 kategori amat mampu, dan sub-komponen bahasa skor 42,00 kategori amat mampu. 4) Hasil Siklus ke-3 kemampuan umum skor 93,08 kategori amat mampu, Jika dirinci kemampuan guru per sub-komponen maka sub-komponen konstruksi skor 29,75 kategori amat mampu, sub-komponen materi skor 18,83 kategori amat mampu, dan sub-komponen bahasa skor 44,50 kategori amat mampu. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi bimbingan teknis, dapat meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 2 Singaraja dalam menyusun instrumen evaluasi hasil belajarDownloads
Published
2018-12-19
How to Cite
Purnayasa, N. (2018). Bimbingan Teknis Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun Instrumen Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 216–222. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16278
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)