Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16280Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII E semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SMP N 2 Abiansemal setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SMP N 2 Abiansemal sebanyak 35 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah motivasi belajar Bahasa Indonesia dengan pembelajaran kooperatif tipe TTW. Data hasil pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII E semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SMP N 2 Abiansemal. Hal ini ditunjukkan rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIII E pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I. Rata-rata motivasi siswa siklus 1 adalah 70,58 sedangkan rata-rata motivasi siswa siklus 2 adalah 85,62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)