Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia

I Gusti Ayu Raka Artati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII E semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SMP N 2 Abiansemal setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SMP N 2 Abiansemal sebanyak 35 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah motivasi belajar Bahasa Indonesia dengan pembelajaran kooperatif tipe TTW. Data hasil pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII E semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SMP N 2 Abiansemal. Hal ini ditunjukkan rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIII E pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I. Rata-rata motivasi siswa siklus 1 adalah 70,58 sedangkan rata-rata motivasi siswa siklus 2 adalah 85,62.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jurnalpenelitianpendidikan@gmail.com

 


Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.