Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • I Gusti Ayu Raka Artati SMP N 2 Abiansemal, Badung, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII E semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SMP N 2 Abiansemal setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SMP N 2 Abiansemal sebanyak 35 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah motivasi belajar Bahasa Indonesia dengan pembelajaran kooperatif tipe TTW. Data hasil pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan metode observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII E semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 di SMP N 2 Abiansemal. Hal ini ditunjukkan rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIII E pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I. Rata-rata motivasi siswa siklus 1 adalah 70,58 sedangkan rata-rata motivasi siswa siklus 2 adalah 85,62.

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Artati, I. G. A. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 233–238. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16280

Issue

Section

Articles