Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Wyn Sri Anggra Wati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UniversitasPendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I K. N. Wiyasa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UniversitasPendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I.G.A. Agung Sri Asri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar UniversitasPendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16284

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Question Card dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra yang terdiri dari 11 kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 394 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 78 siswa, 34 siswa kelas IVC SDN 2 Dangin Puri sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 44 siswa kelas IV SDN 1 Tonja sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan instrument yang digunakan adalah berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 3,549 > ttabel = 2,000, pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 34+44-2 = 76. Sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa. Rerata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yaitu 81,54 dan kelompok kontrol yaitu 73,59. Perhitungan kompetensi pengetahuan IPA dalam PAP skala lima pada kelompok eksperimen yaitu 81,54% (kategori tinggi) dan kelompok kontrol yaitu 73,59% (kategori sedang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Example Non Example berbantuan media Question Card berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Letda Made Putra tahun Pelajaran 2017/2018.

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Wati, N. W. S. A., Wiyasa, I. K. N., & Sri Asri, I. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 262–270. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16284

Issue

Section

Articles