Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mengajar Dosen Muda
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16290Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses lesson study sebagai upaya membina para dosen muda untuk meningkatkan kualitas mengajar. Hasil penelitian pada tahap perencanaan ditemukan beberapa kendala yang dihadapi dosen model saat mengajar, diantaranya tidak percaya diri mengajar mahasiswa, kurang pengalaman, penggunaan metode serta media yang monoton, serta teknik penilaian yang belum sesuai. Pada tahap implementasi, ditemukan beberapa kelemahan yang harus diperbaiki, seperti penggunaan media dan teknologi pembelajaran, serta kemampuan memaparkan materi saat sesi ceramah. Sebagai tahapan berikutnya yakni tahapan refleksi, dilaksanakan forum group discussion (FGD) yang menghasilkan perbaikan untuk perencanaan serta implementasi tahap berikutnyaDownloads
Published
2018-12-19
How to Cite
Roffiq, A., Supriyanto, A., & ., B. (2018). Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mengajar Dosen Muda. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 316–321. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16290
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)