Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mengajar Dosen Muda

Authors

  • Ainoer Roffiq Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Achmad Supriyanto Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Burhanuddin . Manajemen Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses lesson study sebagai upaya membina para dosen muda untuk meningkatkan kualitas mengajar. Hasil penelitian pada tahap perencanaan ditemukan beberapa kendala yang dihadapi dosen model saat mengajar, diantaranya tidak percaya diri mengajar mahasiswa, kurang pengalaman, penggunaan metode serta media yang monoton, serta teknik penilaian yang belum sesuai. Pada tahap implementasi, ditemukan beberapa kelemahan yang harus diperbaiki, seperti penggunaan media dan teknologi pembelajaran, serta kemampuan memaparkan materi saat sesi ceramah. Sebagai tahapan berikutnya yakni tahapan refleksi, dilaksanakan forum group discussion (FGD) yang menghasilkan perbaikan untuk perencanaan serta implementasi tahap berikutnya

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Roffiq, A., Supriyanto, A., & ., B. (2018). Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mengajar Dosen Muda. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 316–321. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16290

Issue

Section

Articles