Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Bimbingan Kelompok SMP Pangudi Luhur Tuntang

Authors

  • Agustinus Andri Wijanarko Program Studi S1 Bimbigan dan Konseling FKIP – Universitas Kristen Satya Wacana
  • J.T. Lobby Loekmono Program Studi S1 Bimbigan dan Konseling FKIP – Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16292

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui signifikansi peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemberian Bimbingan Kelompok motivasi belajar kepada siswa SMP Pangudi Luhur Tuntang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan model one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 14 orang siswa menjadi sumber penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis data mengggunakan analisis deskriptif dan analisis uji beda dua mean(t test). Hasil penelitian terbukti bahwa bimbingan kelompok motivasi belajar secara signifikan meningkat motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2018-12-19

How to Cite

Wijanarko, A. A., & Loekmono, J. L. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Bimbingan Kelompok SMP Pangudi Luhur Tuntang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 330–333. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16292

Issue

Section

Articles