Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kantor Depan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17093Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AP-1 di SMK Negeri 2 Singaraja pada mata pelajaran kantor depan yang kompetensi dasarnya mengidentifikasi jenis-jenis kamar dan harga kamar dengan menerapkn model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AP-1 di SMK Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 38 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I terlihat aktivitas siswa sebesar 68,16% berada pada kualifikasi aktif dengan kualifikasi Baik , kemudian rata-rata skor hasil belajar siswa aspek pengetahuan memperoleh skor sebesar 83, 9 aspek keterampilan sekor hasil belajar siswa sebesar 83, 5. Hasil pada siklus II, aktivitas siswa sebesar 80,53% berada pada kualifikasi sangat aktif dan rata-rata skor hasil belajar siswa,dari aspek pengetahuan sebesar 87,6, sedangkan untuk aspek keterampilan rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 87,8 dan seluruh siswa mencapai ketuntasan 100% baik dari aspek sikap, pengetahuan maupun keterampilan. Jadi dapat disimpulkan Penerapan model Pembelajaran discovery learning dengan setting belajar kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan, kompetensi dasarnya mengidentifikasi jenis-jenis kamar dan harga kamar.
Kata Kunci : discovery learning, aktivitas, hasil belajar, belajar kelompok, kantor depan, jenis- jenis kamar, harga kamar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)