Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kantor Depan

Authors

  • Siti Nurul Rahmah SMK Negeri 2 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17093

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AP-1 di  SMK Negeri 2 Singaraja  pada mata pelajaran kantor depan yang kompetensi dasarnya mengidentifikasi jenis-jenis kamar dan harga kamar dengan menerapkn model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AP-1 di  SMK Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 38 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I terlihat aktivitas siswa sebesar 68,16% berada pada kualifikasi aktif dengan kualifikasi Baik , kemudian rata-rata skor hasil belajar siswa aspek pengetahuan memperoleh skor sebesar 83, 9 aspek keterampilan sekor hasil belajar siswa sebesar 83, 5. Hasil pada siklus II, aktivitas siswa sebesar 80,53% berada pada kualifikasi sangat aktif dan rata-rata skor hasil belajar siswa,dari aspek pengetahuan sebesar 87,6, sedangkan untuk aspek keterampilan rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 87,8 dan seluruh siswa mencapai ketuntasan 100% baik dari aspek sikap, pengetahuan maupun keterampilan. Jadi dapat disimpulkan Penerapan model Pembelajaran discovery learning dengan setting belajar kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan, kompetensi dasarnya mengidentifikasi jenis-jenis kamar dan harga kamar.

Kata Kunci : discovery learning, aktivitas, hasil belajar, belajar kelompok, kantor depan, jenis- jenis kamar, harga kamar

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Rahmah, S. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kantor Depan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17093

Issue

Section

Articles