Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Pramusaji untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada El Patio Restaurant di Melia Bali

Authors

  • Ni Made Suastini Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17094

Abstract

Kesiapan kerja merupakan persyaratan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang harus dimiliki karyawan sebelum memulai pekerjaan untuk dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada tamu. Penelitian ini dilakukan di El Patio Restaurant Melia Bali, yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan menurunnya kualitas pelayanan di El Patio Restaurant. Penelitian ini menggunakan analisis mix method yaitu dengan mengkuantitatifkan data kualitatif dan mengkualitatifkan data kuantitatif dengan menyebarkan 15 kuesioner kepada pramusaji untuk menilai dirinya sendiri dan 15 kuesioner kepada manajer untuk menilai setiap pramusaji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek pada pengetahuan, sikap dan keterampilan pramusaji yang masih kurang. Hal tersebut menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya kualitas pelayanan di El Patio Restaurant khususnya pada kesiapan kerja, diantaranya adalah: (1) Berbicara dalam Bahasa Inggris, (2) Kemampuan dalam memberikan penjelasan ingredients menu di El Patio Restaurant, (3) Kemampuan dalam memberikan penjelasan tentang method of cooking dari setiap menu, (4) Etika terhadap rekan kerja, atasan dan tamu, (5) Kemampuan mengendalikan emosi, (6) Kemauan menerima masukan, arahan dan kritikan, (7) Terampil menjaga dan memelihara kebersihan peralatan.

 

Kata kunci : Pramusaji, Kesiapan Kerja, Kualitas Pelayanan

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Suastini, N. M. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Pramusaji untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan pada El Patio Restaurant di Melia Bali. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17094

Issue

Section

Articles