Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Authors

  • I Komang Ardana SMK Negeri 2 Singaraja, Buleleng-Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17099

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan berbantuan LKS pada Pembelajaran Produk Kreatif dan  Kewirausahaan Kelas XI Akomodasi  Perhotelan  3 SMK Negeri 2 Singaraja  Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akomodasi Perhotelan 3  SMK Negeri 2 yang berjumlah 35 orang yang terdiri atas 13  orang siswa Perempuan dan 22 orang siswa Laki-laki. Penelitian dilakukan pada semester I (ganjil) tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Singaraja, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Objek dari penelitian tindakan ini adalah pembelajaran kontekstual, media LKS, Aktivitas dan Hasil belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah dipersiapkan, sedangkan data hasil belajar siswa yaitu menggunakan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kontekstual berbantuan LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI Akomodasi Perhotelan 3   SMK Negeri 2 Singaraja  Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Ardana, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17099

Issue

Section

Articles