Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Danish Pastry dengan Menerapkan Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring)

Authors

  • Luh Sari SMK Negeri 2 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17100

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi  belajar siswa pada materi pokok danish pastry di kelas XIA2 SMK Negeri 2 Singaraja, Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran  tutor sebaya (peer tutoring). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XIA2 di SMK Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 36 orang peserta didik, 20 perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini pada mata pelajaran produk pastry dan bakery pada materi pokok danish pastry dengan menggunakan medel pembelajaran  tutor sebaya. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah dipersiapkan, sedangkan data prestasi belajar siswa yaitu menggunakan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model Tutor Sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi pokok Danish Pastry siswa kelas XI A2 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Sari, L. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Danish Pastry dengan Menerapkan Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 43–47. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17100

Issue

Section

Articles