Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Danish Pastry dengan Menerapkan Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17100Abstract
Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa pada materi pokok danish pastry di kelas XIA2 SMK Negeri 2 Singaraja, Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XIA2 di SMK Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 36 orang peserta didik, 20 perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini pada mata pelajaran produk pastry dan bakery pada materi pokok danish pastry dengan menggunakan medel pembelajaran tutor sebaya. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah dipersiapkan, sedangkan data prestasi belajar siswa yaitu menggunakan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model Tutor Sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar materi pokok Danish Pastry siswa kelas XI A2 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)