Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang

Authors

  • S.H Khotimah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Alhikmah, Jakarta
  • Risan Risan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Alhikmah, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108

Abstract

Matematika di MI merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional dan banyak orangtua yang menghawatirkan akan rendahnya nilai Matematika putra-putri mereka di UN tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan menemukan jalan keluar pada pembelajaran Matematika kelas V di MI Miftahul Umam Pondok Labu Cilandak, Jakarta Selatan. Penggunaan alat peraga pada bangun ruang sangat membantu siswa dalam memahami konsep Matematika yang bersifat abstrak sedangkan tahapan perkembangan siswa masih pada tahapan pra operasional konkrit. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian dimana hasil belajar siswa pada materi bangun ruang mengalami peningkatan sebesar 52,7 %.Oleh karena itu hendaklah guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar hasil belajar siswa lebih memuaskan dan tujuan pembelajaran tercapai sesuai yang diharapkan.

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Khotimah, S., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17108

Issue

Section

Articles