Pengembangan Media KOPER (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan

Sofiatul Aeni, Sutrisno Sutrisno, Qoriati Mushafanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Koper (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan Kelas II Sekolah Dasar. Subjek penelitian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Rengaspendawa 03 berjumlah 27 orang. Penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, angket analisis kebutuhan siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan intumen validator ahli materi dan ahli media, lembar respon guru dan siswa.Validasi ahli materi tahap pertama dengan hasil 72% kategori “Baik”dan validasi ahli materi tahap kedua dengan hasil 93% kategori “Sangat Baik”.Validasi ahli media tahap pertama dengan hasil 72% kategori “Baik”, validasi tahap kedua dengan hasil 98% kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi media dan materi terhadap media Koper dapat dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Tema Kebersamaan di kelas. Hasil angket respon siswa terhadap media Koper dengan hasil 98,5% kategori “Sangat Baik”. Jadi dapat disimpulkan media Koper (Kotak Permainan) layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jurnalpenelitianpendidikan@gmail.com

 


Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.