Pengembangan Media KOPER (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18158Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Koper (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan Kelas II Sekolah Dasar. Subjek penelitian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Rengaspendawa 03 berjumlah 27 orang. Penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, angket analisis kebutuhan siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan intumen validator ahli materi dan ahli media, lembar respon guru dan siswa.Validasi ahli materi tahap pertama dengan hasil 72% kategori “Baik”dan validasi ahli materi tahap kedua dengan hasil 93% kategori “Sangat Baik”.Validasi ahli media tahap pertama dengan hasil 72% kategori “Baik”, validasi tahap kedua dengan hasil 98% kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi media dan materi terhadap media Koper dapat dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Tema Kebersamaan di kelas. Hasil angket respon siswa terhadap media Koper dengan hasil 98,5% kategori “Sangat Baik”. Jadi dapat disimpulkan media Koper (Kotak Permainan) layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)