Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18159Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbasis tri hita karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 438 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A SD No. 4 Dalung dengan jumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B SD No. 5 Dalung dengan jumlah 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung=3,83 pada taraf signifikansi 5% dengan dk=51 diperoleh ttabel=2,000, sehingga thitung=3,83>ttabel= 2,000 dan 1=83,74 sedangkan2=77,19. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran VAK berbasis tri hita karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018. Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK berbasis tri hita karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan mengenai model pembelajaran VAK berbasis tri hita karana.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)