Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Berbasis Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn

Ni Pt. Ari Sudiantini, I G. A. Agung Sri Asri, I Wyn. Darsana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbasis tri hita karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 438 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A SD No. 4 Dalung dengan jumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B SD No. 5 Dalung dengan jumlah 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung=3,83 pada taraf signifikansi 5% dengan dk=51 diperoleh ttabel=2,000, sehingga thitung=3,83>ttabel= 2,000 dan 1=83,74 sedangkan2=77,19. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran VAK berbasis tri hita karana dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018. Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK berbasis tri hita karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai kajian yang relevan mengenai model pembelajaran VAK berbasis tri hita karana.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jurnalpenelitianpendidikan@gmail.com

 


Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.