Pengembangan Media Tumblr Light bagi Pemahaman Konsep Hubungan Antargaris

Authors

  • Ratna Sari Dewi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Suyitno Suyitno Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18195

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pemahaman siswa terhadap hubungan antargaris masih rendah, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran karena proses pembelajaran kurang menarik, serta terbatasnya media pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah  pengembangan media Tumblr Light bagi Pemahaman Konsep Hubungan Antargaris siswa kelas IV Sekolah Dasar?’. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Wonokromodi kelas IV. Hasil uji kevalidan diperoleh berdasarkan penilaian dari ahli media sebesar 92,5% dengan kriteria “sangat baik” dan dari skor rata-rata presentase keidealan ahli materi sebesar 94,1% dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan hasil uji kepraktisan diperoleh berdasarkan penilaian respon guru dan siswa dengan respon guru sebesar 92% dengan kriteria “sangat baik” dan respon siswa sebesar 95,65% dengan kriteria “sangat baik”. Kesimpulannya bahwa media Tumblr Light valid dan praktis digunakan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar dan dapat digunakan sebagai penyempurna penelitian dan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar siswa kelas IV Sekolah Dasar

Downloads

How to Cite

Sari Dewi, R., Suyitno, S., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Tumblr Light bagi Pemahaman Konsep Hubungan Antargaris. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 183–189. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18195

Issue

Section

Articles