Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Luh Oktarianingsih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • IB Gd Surya Abadi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB Kt Ngr Semara Putra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18609

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus I Kuta Utara yang berjumlah 436 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD No. 6 Dalung sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SD No. 2 Dalung sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa yang berjumlah 33 butir soal yang divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA  dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata gains skor kelompok eksperimen X1=0,50 > X2=0,35 kelompok kontrol, selanjutnya melalui uji hipotesis diperoleh thitung =4,536 > ttabel=2,000 dengan dk = 72 dan taraf signfikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018

Downloads

How to Cite

Oktarianingsih, N. L., Surya Abadi, I. G., & Semara Putra, D. K. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 208–215. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18609

Issue

Section

Articles