Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18609Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu, dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus I Kuta Utara yang berjumlah 436 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD No. 6 Dalung sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SD No. 2 Dalung sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa yang berjumlah 33 butir soal yang divalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata gains skor kelompok eksperimen X1=0,50 > X2=0,35 kelompok kontrol, selanjutnya melalui uji hipotesis diperoleh thitung =4,536 > ttabel=2,000 dengan dk = 72 dan taraf signfikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus I Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018Downloads
How to Cite
Oktarianingsih, N. L., Surya Abadi, I. G., & Semara Putra, D. K. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantuan Media Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 208–215. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18609
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)