Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-

Authors

  • Feni Fadzilah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Ibnu Fatkhu Royana Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Diana Endah Handayani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih kurangnya penggunaan media dalam membantu proses pembelajaran, media yang digunakan berupa gambar biasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah pengembangan media pop up book diterima sebagai media pembelajaran pada tema VI Cita-citaku Subtema 1 Aku dan Cita-citaku Kelas IV SD Negeri Wonokerto 01?’. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini dilakukan di SDN Wonkerto 01 Batang pada kelas IV. Hasil penilaian rata-rata validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran adalah 94,21% dengan kategori “Baik Sekali”. Hasil perhitungan angket respon guru adalah 92,85% dengan kategori “Baik Sekali”. Hasil perhitungan angket respon siswa adalah 90% dengan kategori “Baik Sekali”. Hasil perhitungan angket keberterimaan media adalah 90%. Kesimpulannya bahwa pengembangan media POP UP BOOK pada Tema VI Cita-citaku Subtema 1 Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 2 dapat diterima sebagai media pembelajaran.

Downloads

How to Cite

Fadzilah, F., Fatkhu Royana, I., & Endah Handayani, D. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223–230. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19258

Issue

Section

Articles