Kreativitas Peserta Didik Mengikuti Bimbingan Konseling dengan Menerapkan Contoh Prilaku yang Baik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19260Abstract
Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas peserta didik dalam mengikuti bimbingan konseling dengan menerapkan contoh prilaku yang baik di kelas IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019 yang baru mencapai 62,45 dengan kriteria kurang. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam mengikuti bimbingan konseling dengan menerapkan contoh prilaku yang baik di kelas IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan kreativitas tersebut datanya diperoleh lewat observasi, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan pemberian contoh prilaku yang baik. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya rata-rata kreativitas awal yang baru mencapai 62,45 dengan kriteria kurang, pada siklus I rata-rata kreativitas naik menjadi 71,43 dengan kriteria cukup dan pada siklus II rata-rata kreativitas naik menjadi 80,73 dengan kriteria baik. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa kreativitas peserta didik dapat meningkat dalam mengikuti bimbingan konseling dengan menerapkan contoh prilaku yang baik di kelas IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019Downloads
How to Cite
Murdana, I. W. (2019). Kreativitas Peserta Didik Mengikuti Bimbingan Konseling dengan Menerapkan Contoh Prilaku yang Baik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 239–248. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19260
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)