Kreativitas Peserta Didik Mengikuti Bimbingan Konseling dengan Menerapkan Contoh Prilaku yang Baik

Authors

  • I Wayan Murdana SMPN 3 Denpasar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19260

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas peserta didik dalam mengikuti bimbingan konseling dengan menerapkan contoh prilaku yang baik di kelas IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019 yang baru mencapai 62,45 dengan kriteria kurang. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam mengikuti bimbingan konseling dengan menerapkan contoh prilaku yang baik di kelas IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan kreativitas tersebut datanya diperoleh lewat observasi, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan pemberian contoh prilaku yang baik. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya rata-rata kreativitas awal yang baru mencapai 62,45 dengan kriteria kurang, pada siklus I rata-rata kreativitas naik menjadi 71,43 dengan kriteria cukup dan pada siklus II rata-rata kreativitas naik menjadi 80,73 dengan kriteria baik. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa kreativitas peserta didik dapat meningkat dalam mengikuti bimbingan konseling dengan menerapkan contoh prilaku yang baik di kelas IXB semester I SMP Negeri 3 Denpasar tahun pelajaran 2018/2019

Downloads

How to Cite

Murdana, I. W. (2019). Kreativitas Peserta Didik Mengikuti Bimbingan Konseling dengan Menerapkan Contoh Prilaku yang Baik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 239–248. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19260

Issue

Section

Articles