Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengembangangkan media MAJAMAT pada materi pecahan kelas V SDN Sitirejo Kabupaten Blora. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan guru dan angket kebutuhan siswa, penilaian validasi ahli materi pembelajaran dan ahli media pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penilaian rata-rata validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran adalah sebesar 93,1 %. Nilai tersebut berada pada interval 81%-100% dengan kategori “sangat layak digunakan”. Artinya media MAJAMAT layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di SD. Media pembelajaran MAJAMAT mendapatkan respon dari guru sebesar 90% berdasarkan angket respon guru, dan media juga mendapatka respon siswa sebesar 90,58%. Kedua nilai tersebut terletak pada interval 81%-100% dan termasuk kategori “sangat layak digunakan”. Artinya media MAJAMAT layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di SD dan dapat diterima oleh guru maupun siswa kelas V SD.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)