Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Eka Novita Pujianingtias Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Henry Januar Saputra Jurusan Pendidikan Biologi,Universitas PGRI Semarang
  • Muhajir Muhajir Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengembangangkan media MAJAMAT pada materi pecahan kelas V SDN Sitirejo Kabupaten Blora. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan guru dan angket kebutuhan siswa, penilaian validasi ahli materi pembelajaran dan ahli media pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil penilaian rata-rata validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran adalah sebesar 93,1 %. Nilai tersebut berada pada interval 81%-100% dengan kategori “sangat layak digunakan”. Artinya media MAJAMAT layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di SD. Media pembelajaran MAJAMAT mendapatkan respon dari guru sebesar 90% berdasarkan angket respon guru, dan media juga mendapatka respon siswa sebesar 90,58%. Kedua nilai tersebut terletak pada interval 81%-100% dan termasuk kategori “sangat layak digunakan”. Artinya media MAJAMAT layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika di SD dan dapat diterima oleh guru maupun siswa kelas V SD.

Downloads

How to Cite

Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & Muhajir, M. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257–263. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261

Issue

Section

Articles