Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) dan Supervisi Akademik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19262Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika di SD Negeri 2, 3, dan 4 Bukian pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi atau obserpasi kelas/ kunjungan kelas dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan melaksanakan proses pembelajaran matematika, hanya mencapai nilai 73,76 dan ketuntasan baru mencapai 23,52%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 80,00. Rata-rata nilai siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya mencapai 77,88 dan prosentase ketuntasannya mencapai 35,29 %. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 88,94 dan persentase ketuntasan sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika di SD Negeri 2, 3, dan 4 Bukian pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan melalui penerapan proses pembelajaran mengikuti alur explorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam pembelajaran Small Group Work (SGW) dan supervisi akademik.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)