Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) dan Supervisi Akademik

Ni Wayan Sudarmini

Abstract


Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika di SD Negeri 2, 3, dan 4 Bukian pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi atau obserpasi kelas/ kunjungan kelas dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan melaksanakan proses pembelajaran matematika, hanya mencapai nilai 73,76 dan ketuntasan  baru mencapai 23,52%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 80,00. Rata-rata nilai  siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya  mencapai 77,88 dan prosentase ketuntasannya mencapai 35,29 %. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 88,94 dan persentase ketuntasan  sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika di SD Negeri 2, 3, dan 4 Bukian pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan melalui penerapan proses pembelajaran mengikuti alur explorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam pembelajaran Small Group Work (SGW) dan supervisi akademik.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jurnalpenelitianpendidikan@gmail.com

 


Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.