Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19263Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Gianyar pada siswa kelas IX H yang kemampuannya untuk materi pelajaran IPS masih tergolong sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IX H SMP Negeri 2 Gianyar pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan media gambar. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IX H. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya dengan nilai rata-rata 67,50, pada siklus I menjadi 75,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,88 Ketuntasan belajar meningkat dari 32,35% pada awal pembelajaran menjadi 73,52% pada siklus I dan 94,11% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Direct Instruction dengan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IX H semester I SMP Negeri 2 Gianyar tahun pelajaran 2018/2019.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)