Pengembangan Media Game Side Scrolling dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika

Dyah Putri Handayani, Wahyudi Wahyudi, Endang Indarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan dan pengujian validitas, kepraktisan, dan keefektifan media game side scrolling pada proses belajar mengajar matematika di sekolah dasar. Metode penelitian yang diterapkan adalah R&D melalui desain ASSURE yang terdiri dari enam tahap diantaranya adalah “1) analyze learner (analisis karakteristik siswa); 2) state objectives (menetapkan tujuan proses belajar mengajar); 3) select method, media, and materials (memilih metode, media, dan bahan ajar); 4) utilize media and materials (memanfaatkan media dan bahan ajar); 5) require learner participation (melibatkan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar); dan 6) evaluate and revise (evaluasi dan revisi)”. Validitas produk dengan uji pakar melalui instrumen validasi pakar. Kepraktisan produk diuji tes terbatas 10 siswa dengan pemberian angket untuk melihat respon siswa setelah menggunakan media game side scrolling. Keefektifan produk dilakukann dengan tes satu kelas dengan one grup pretest-posttest design yang hasilnya diuji menggunakan Paired Samples T-Test dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian adalah media game side scrolling meningkatkan kemampuan koneksi. Media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan uji pakar media, materi, pembelajaran, dan soal. Media pembelajarn dinyatakan praktis berdasarkan hasil anget respon siswa. Media pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan rata-rata hasil pretest dan posttest dan temuan tes Paired Samples T Test pretest-posttest memperlihatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) indexed by:

   Crossref 




Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Penelitian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.