Pengembangan Media Animasi untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar

Authors

  • Windu Antaka Adi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP – Universitas Kristen Satya Wacana
  • Stefanus C. Relmasira Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP – Universitas Kristen Satya Wacana
  • Agustina Tyas Asri Hardini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP – Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19498

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan multimedia interaktif dengan Adobe Flash Player CC , pada mata pelajaran Matematika kompetensi dasar Memahami sifat-sifat Bangun Datar, hubungan antar Bangun Datar, dan rumus Bangun Datar dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran Matematika dengan menggunakan multimedia interaktif. Serta untuk menciptakan suatu media yang dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri dirumah. Tahap pengembangan dilakukan dengan metode pengembangan 4D meliputi Pendefinisian (define), Perencanaan (design), Pengembagan (develop), dan Penyebaran (Disseminate) melalui ujicoba terbatas pada 10 siswa dan ujicoba lebih luas seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sampetan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif  dikembangkan layak digunakan, dinilai dari segi pakar media, matei dan pembelajaran mendapat rata-rata hasil baik dan cukup, secara hasil diperoleh peningkatan nilai rata-rata dari 60 menjadi 85, efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan waktu yang dibutuhkan hanya 1 kali pertemuan untuk menyampaikan materi, dan selebihnya digunakan untuk latihan soal dan penugasan, serta memiliki daya tarik bagi siswa dengan kemenarikan 85%. dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dibuat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi Bangun Datar.

Downloads

How to Cite

Antaka Adi, W., Relmasira, S. C., & Tyas Asri Hardini, A. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 288–294. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19498

Issue

Section

Articles