Pengembangan Buku Kontekstual Mata Pelajaran Layanan Lembaga Keuangan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26170Keywords:
Buku Ajar, Kontekstual, Layanan Lembaga Keuangan SyariahAbstract
Penerapan K13 Revisi memberikan perubahan pada Jurusan Perbankan Syariah di SMK yakni adanya pergantian mata pelajaran Produk Syariah menjadi Layanan Lembaga Keuangan Syariah yang mana belum tersedia buku pelajaran yang memuat seluruh kompetensi dasar. Penelitian pengembangan ini ditujukan dalam mengembangkan produk berupa buku ajar kontekstual Layanan Lembaga Keuangan Syariah untuk siswa Kelas XI Semester 2 Perbankan Syariah berdasarkan standar BSNP 2014. Penelitian pengembangan ini menguji validitas kelayakan buku teks dan respon siswa pada buku teks. Validitas kelayakan diuji oleh ahli serta uji coba dilaksanakan terbatas kepada siswa Perbankan Syariah 1 SMK Negeri 1 Lamongan. Model pengembangan pada penelitian ini menerapkan model 4D yang meliputi tahap pendefinisian, desain, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan validitas buku teks dalam kelayakan materi, bahasa, dan grafis didapatkan nilai dengan rata-rata 96,05% yang digolongkan dalam kriteria interpretasi sangat layak. Penilaian hasil angket respon siswa diperoleh skor rata-rata 95,18% dengan interpretasi sangat layak digunakan.
References
Amaliah, I., & Sudihartinih, E. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pecahan Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di Sekolah Inklusi. Pendidikan, 04, 9. https://doi.org/2527-6891
Dikdasmen. (2018). Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/MAK. https://doi.org/Pub I. No. 07/D.D5/KK/2018
Djaramah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fatihasari, K. A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Layanan Lembaga Keuangan Syariah Berbasis Scientific Approach dengan Integrasi Teknologi QR Code. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3, 125. https://doi.org/10.26740/jpeka.v3n2.p125-134
Hidayah, D. N., & Pryscylio, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mandiri Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Menggunakan Software Camtasia. Teaching and Learning Physics 4, 1, 67. https://doi.org/2528-5505
Johnson, E. B. (2011). Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning.
Karaback, K., & Erdam, S. (2015). The effect of using English story books in English courses by adapting them to different activities on the foreign language success of the students. Social and Behavioral Science, 176, 1032. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.574
Kelana, J. B., & Fadly, P. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: LEKKAS.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Margana, M., & Widyantoro, A. (2017). Developing English Textbooks Oriented to Higher Order Thinking Skills for Students of Vocational High Schools in Yogyakarta. Journal of Language Teaching and Research, 8(1), 26. https://doi.org/https://doi.org/10.17507/jltr.0801.04
Meidy, R. D., Patmanthara, S., & Arifin, Z. (2018). Pengembangan Buku Ajar Cetak Dengan Model Discovery Learning Untuk Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Jurusan TKJ SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Pendidikan, 3, 130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jp. v3n2.p126-133
Mohammadi, M., & Abdi, H. (2014). Textbook Evaluation: A Case Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 1148. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.528
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurfita, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Keuangan Berbasis Kontekstual Pada Materi Rekonsiliasi Bank Kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6, 308. https://doi.org/2337-6457
Nursalim, M. (2016). Psikologi Pendidikan (5th ed.). Surabaya: Unesa University Press.
Permendikbud. (2016). Nomor 8 Tahun 2016. Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan, 2. Indonesia.
Permendikbud No 2. (2008). Buku Ajar. Buku Ajar, 2. Jakarta: Menteri Pendidikan.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2011). Standar Nasional Perpustakaan.
Perwitasari, S., Wahjoedi, & Akbar, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Pendidikan, 3, 280. https://doi.org/2502-471X
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudarno, Sunarno, & Sarwanto, W. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Kontekstual dengan Tema Pembuatan Tahu Kelas VII SMP Negeri 2 Jatiyoso. Inkuiri, 4 (3), 104–111. https://doi.org/2252-7893
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning:Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suratno, Narulita, E., & Luthfia, S. (2018). Pengembangan Buku Siswa Berbasis Kontekstual Bermuatan Nilai-Nilai Agama Islam pada Materi Bioteknologi Kelas XII SMA/MA. Edukasi, 1, 45.
Suryani, D., & Mulyani, E. (2020). Development of Integrated Economic Learning Materials Entrepreneurship Values for High School. Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 1, 66. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPEB.008.1.7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)