Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26788Keywords:
problem based learning, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPAAbstract
Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Saat proses pembelajaran dilakukan, siswa tampak tidak menunjukkan sikap aktif dalam menjawab maupun mengemukakan pendapat, dengan jumlah populasi sebanyak 413 siswa kelas V maka perbaikan proses belajar mengajar perlu dilakukan. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design dengan jenis penelitian eksperimen semu. Kemudian ditentukan dua sampel yang dipilih dengan teknik random sampling, sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa dan sebagai kelompok kontrol sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes pilihan ganda biasa, kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Dari penghitungan didapatkan nilai rerata kelompok eksperimen = 84,90 sementara nilai rerata kelompok kontrol = 76,82. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji-t polled varians diperoleh hasil thitung = 4,46 > ttabel = 2,000 dengan dk = 64 dan taraf signifikansi 5%. Menurut kriteria pengujian maka H0 ditolak, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan mind mapping dengan kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Karena nilai rerata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol maka kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai bisa memberikan manfaat positif pada kompetensi pengetahuan siswa. Penerapan model PBL berbantuan mind mapping ini dapat membuat siswa lebih partisipatif dalam belajar.
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agustina Maya. 2018. “Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam (Volume 10).
Ambarsari Desi. 2016. “Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan
Mengkomunikasikan dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke-5.
Anwar Rusliansyah. 2014. “Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013”. Jurnal HUMANIORA (Volume 5)
Astraman Agus. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).
Astriany Nur. 2016. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bekasi Utara”. Jurnal Pendidikan Dasar (Volume 6)
Astuti Tri. 2019. “Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21”. Proceeding of Biology Education,3 (1).
Budiarti Arifah. 2017. “Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa”. JUPITER (Jurnal endidikan Teknik Elektro) (Volume 2).
Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Dewi Ni Md Juwita. 2017. “ Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).
Humaerah Rahmil. 2020. “Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar”. E-Jurnal Unesa (Volume 6).
Kartika Ni Wayan Bela. 2017. “Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar
IPA Pada Siswa Kelas V”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volum5).
Kesuma Pd Md Hendra. 2017. “ Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping
Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).
Kurniawan Wahyu. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Belajar
dan Hasil Belajar PPKn”. Jurnal Civics (Volume 14)
Muakhirin Binti. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada
Siswa SD”. Jurnal Ilmiah Guru “COPE” No. 01.
Nasbi Ibrahim. 2017. “Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis”. Jurnal Idaarah (Volume 1).
Novziarni Aisyah. 2019. “Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL)
Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu (Volume 3).
Nugraha Rifa. 2017. “Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar
di Kecamatan Jambu”. Jurnal Sekolah (JS) (Volume 2).
Nurwati Inaha. 2016. “Perpaduan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Mind Mapping
Dengan Problem Based Learning dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar”. E-Jurnal National Conference On Economic Education.
Putri Rahmi Andriani. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap
Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo”. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP).
Ramlawati. (2017). “Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik”. E-Jurnal Universitas Negeri Makasar (Volume 6).
Santiani Ni Wayan. 2017. “Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA
Siswa Kelas V SD”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).
Sari Dea. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture dan
Think Pair Share (TPS)”. E-Jurnal mitra pendidikan (Volume 1).
Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumiyati Elfa. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas
Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PKN SD Negeri 09 Kabawetan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Volume 10).
Susanti Prima. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis
Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Purwasari III Kabupaten Karawang”. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.
Triani Deliza. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap
Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu”. E-Jurnal Universitas Bengkulu.
Wahyuni I G A Winda Dwi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)