Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Gusti Ayu Putu Oktaviani Citra Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nengah Suadnyana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26788

Keywords:

problem based learning, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPA

Abstract

Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Saat proses pembelajaran dilakukan, siswa tampak tidak menunjukkan sikap aktif dalam menjawab maupun mengemukakan pendapat, dengan jumlah populasi sebanyak 413 siswa kelas V maka perbaikan proses belajar mengajar perlu dilakukan. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design dengan jenis penelitian eksperimen semu. Kemudian ditentukan dua sampel yang dipilih dengan teknik random sampling, sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa dan sebagai kelompok kontrol sebanyak 34 siswa. Data dikumpulkan dengan metode tes pilihan ganda biasa, kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Dari penghitungan didapatkan nilai rerata kelompok eksperimen = 84,90 sementara nilai rerata kelompok kontrol = 76,82. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji-t polled varians diperoleh hasil thitung = 4,46 > ttabel = 2,000 dengan dk = 64 dan taraf signifikansi 5%. Menurut kriteria pengujian maka H0 ditolak, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan mind mapping dengan kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Karena nilai rerata kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol maka kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai bisa memberikan manfaat positif pada kompetensi pengetahuan siswa. Penerapan model PBL berbantuan mind mapping ini dapat membuat siswa lebih partisipatif dalam belajar.

 

Author Biographies

Gusti Ayu Putu Oktaviani Citra Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Nengah Suadnyana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Agustina Maya. 2018. “Problem Based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam (Volume 10).

Ambarsari Desi. 2016. “Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan

Mengkomunikasikan dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 12 Tahun ke-5.

Anwar Rusliansyah. 2014. “Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013”. Jurnal HUMANIORA (Volume 5)

Astraman Agus. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Bermediakan Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).

Astriany Nur. 2016. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bekasi Utara”. Jurnal Pendidikan Dasar (Volume 6)

Astuti Tri. 2019. “Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21”. Proceeding of Biology Education,3 (1).

Budiarti Arifah. 2017. “Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book Pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa”. JUPITER (Jurnal endidikan Teknik Elektro) (Volume 2).

Dantes. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Dewi Ni Md Juwita. 2017. “ Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).

Humaerah Rahmil. 2020. “Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar”. E-Jurnal Unesa (Volume 6).

Kartika Ni Wayan Bela. 2017. “Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar

IPA Pada Siswa Kelas V”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volum5).

Kesuma Pd Md Hendra. 2017. “ Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping

Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).

Kurniawan Wahyu. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Motivasi Belajar

dan Hasil Belajar PPKn”. Jurnal Civics (Volume 14)

Muakhirin Binti. 2014. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada

Siswa SD”. Jurnal Ilmiah Guru “COPE” No. 01.

Nasbi Ibrahim. 2017. “Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis”. Jurnal Idaarah (Volume 1).

Novziarni Aisyah. 2019. “Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL)

Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu (Volume 3).

Nugraha Rifa. 2017. “Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar

di Kecamatan Jambu”. Jurnal Sekolah (JS) (Volume 2).

Nurwati Inaha. 2016. “Perpaduan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Mind Mapping

Dengan Problem Based Learning dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar”. E-Jurnal National Conference On Economic Education.

Putri Rahmi Andriani. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap

Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Gunung Malelo”. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP).

Ramlawati. (2017). “Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik”. E-Jurnal Universitas Negeri Makasar (Volume 6).

Santiani Ni Wayan. 2017. “Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA

Siswa Kelas V SD”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).

Sari Dea. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture dan

Think Pair Share (TPS)”. E-Jurnal mitra pendidikan (Volume 1).

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumiyati Elfa. 2017. “Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas

Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PKN SD Negeri 09 Kabawetan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Volume 10).

Susanti Prima. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis

Masalah (Problem Based Learning) Pada Siswa Kelas V SDN Purwasari III Kabupaten Karawang”. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.

Triani Deliza. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap

Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu”. E-Jurnal Universitas Bengkulu.

Wahyuni I G A Winda Dwi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 5).

Downloads

Published

2020-07-15

How to Cite

Citra Dewi, G. A. P. O., & Suadnyana, I. N. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 235–245. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26788

Issue

Section

Articles