Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • I Gusti Agung Ari Suryani Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB.Kt.Ngr Semara Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26799

Keywords:

SAVI, Visual Tiga Dimensi, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan media Visual Tiga Dimensiterhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus II Teuku Umar Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian ini yaitu seluruhkelas V sebanyak 219 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakancluster random sampling.Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrolData kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dengan menggunakan metode tes. Tes yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda. Data posttestdianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Rata-rata skor posttest siswa pada kelompok eksperimen yaitu 81,487 dan kelompok kontrol 76,558. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 71 didapat thitung = 2,218 > ttabel = 1,994. Dapat disimpulkan Model Pembelajaran SAVI berbantuan media visual tiga dimensi berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V.

Author Biographies

I Gusti Agung Ari Suryani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

DB.Kt.Ngr Semara Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, 9(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i1.428

Andriani, K., Sudana, D. N., & Suranata, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Peta Pikiran ( Mind Mapping ) Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Semester Ganjil Di Gugus Vi Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013-2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2287

Anggara, I. M. C., Ardana, I. K., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2), 72–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12958

Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning in Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(2), 124. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774

Artini, N. L. P. E. W., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Dan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Mimbar PGSD, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3792

Astawan, I. G., & Sudana, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Savi Bermuatan Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 23(2), 170–176. http://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/ download/6781/2966

Astiti, N. P. M., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1, 86–93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i2.11744

Astuti, N. P. A. W., Ardana, I. K., & Suardika, I. W. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Gugus Iii Mengwi. 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1231

Cemara, G., Ayu, G., Sudana, & Nyoman, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895

Dewi, I. A. A. W. L., Suadnyana, I. N., & Wiyasa, I. K. N. (2017). Model Pembelajaran Numberead Heads Together Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi Tehadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10837

Indrawan, K. A., Kristiantari, M. G. R., Ayu, K., & Negara, O. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 59–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13897

Komala, N. K. A. D., D., I. N. J., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh Pendekatan Savi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd Di Gugus Iii Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.830

Kurniawati, T., & Bektiarso, S. (2014). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Pendekatan Somatic Auditory Visual Intelektual ( Savi ) Siswa Kelas V Sdn Klungkung 03 Jember Tahun Pelajaran 2013 / 2014. 1–4. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64138

Lestari, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. 7, 1–25. https://repository.stkipgetsempena.ac.id/handle/792

Luh, N., Ayu, K., Pratiwi, Y., Ganing, N. N., & Putra, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10643

Luh, N., Permini, D., Sulastri, M., Rati, N. W., & Ganesha, U. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4409

Lusiani, L. P., Putra, D. K. N. S., & Manuaba, I. S. (2016). Penerapan Problem Based Learning Dengan Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kompetensi Pengetahuan Ipa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7009

Mahendra, I. W. A., Rati, N. W., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Permainan Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10885

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Putra, I. W. W. G., Parmiti, D. P., & Suwatra, I. I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166

Putu, N., Dewi, S., Ardana, I. K., & Putra, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2, 113–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15389

Sari, E., Sumarno, S., & Setya Putri, A. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 150. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761

Sari, N. L. K. Y., Pudjawan, K., & Suarjana, I. M. (2016). Penerapan Model CRH Berbantuan Media Visual 3D Untuk Meningkatkan Motivasi. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6953

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Sulaksana, Y. T., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19346

Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068

Triyana, A., Rara, Y., Agung, I. G., & Negara, O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 40–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577

Veronica, M. (2017). Penggunaan model savi (somatic, auditory, visual, intelectual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di kelas v sd negeri 22 rejang lebong. Eprints, 1–73. http://e-theses.iaincurup.ac.id/639/

Wardani, F. P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pancar Pendidikan Anak Cerdas Dan Pintar, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Yati, E., Witri, G., & Alpusari, M. (2017). Pengaruh Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah 6 Pekanbaru. 54, 1–9. https://www.neliti.com/id/publications/200040/pengaruh-media-visual-tiga-dimensi-terhadap-hasil-belajar-matematika-siswa-kelas

Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5683

Downloads

Published

2020-07-15

How to Cite

Ari Suryani, I. G. A., & Putra, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 246–254. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26799

Issue

Section

Articles