Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26799Keywords:
SAVI, Visual Tiga Dimensi, Kompetensi Pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan media Visual Tiga Dimensiterhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus II Teuku Umar Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian ini yaitu seluruhkelas V sebanyak 219 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakancluster random sampling.Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrolData kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dengan menggunakan metode tes. Tes yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda. Data posttestdianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Rata-rata skor posttest siswa pada kelompok eksperimen yaitu 81,487 dan kelompok kontrol 76,558. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 71 didapat thitung = 2,218 > ttabel = 1,994. Dapat disimpulkan Model Pembelajaran SAVI berbantuan media visual tiga dimensi berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V.
References
Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, 9(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/niz.v9i1.428
Andriani, K., Sudana, D. N., & Suranata, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Peta Pikiran ( Mind Mapping ) Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Semester Ganjil Di Gugus Vi Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013-2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2287
Anggara, I. M. C., Ardana, I. K., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2), 72–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12958
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning in Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(2), 124. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774
Artini, N. L. P. E. W., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Dan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Mimbar PGSD, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3792
Astawan, I. G., & Sudana, D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Savi Bermuatan Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 23(2), 170–176. http://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/ download/6781/2966
Astiti, N. P. M., Ardana, I. K., & Wiarta, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1, 86–93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i2.11744
Astuti, N. P. A. W., Ardana, I. K., & Suardika, I. W. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Gugus Iii Mengwi. 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1231
Cemara, G., Ayu, G., Sudana, & Nyoman, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 359. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18895
Dewi, I. A. A. W. L., Suadnyana, I. N., & Wiyasa, I. K. N. (2017). Model Pembelajaran Numberead Heads Together Berbantuan Media Visual Tiga Dimensi Tehadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10837
Indrawan, K. A., Kristiantari, M. G. R., Ayu, K., & Negara, O. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 59–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13897
Komala, N. K. A. D., D., I. N. J., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh Pendekatan Savi Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Sd Di Gugus Iii Kecamatan Jembrana Kabupaten Jembrana. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.830
Kurniawati, T., & Bektiarso, S. (2014). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Pendekatan Somatic Auditory Visual Intelektual ( Savi ) Siswa Kelas V Sdn Klungkung 03 Jember Tahun Pelajaran 2013 / 2014. 1–4. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64138
Lestari, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. 7, 1–25. https://repository.stkipgetsempena.ac.id/handle/792
Luh, N., Ayu, K., Pratiwi, Y., Ganing, N. N., & Putra, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10643
Luh, N., Permini, D., Sulastri, M., Rati, N. W., & Ganesha, U. P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4409
Lusiani, L. P., Putra, D. K. N. S., & Manuaba, I. S. (2016). Penerapan Problem Based Learning Dengan Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kompetensi Pengetahuan Ipa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7009
Mahendra, I. W. A., Rati, N. W., & Riastini, P. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Permainan Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10885
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Putra, I. W. W. G., Parmiti, D. P., & Suwatra, I. I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166
Putu, N., Dewi, S., Ardana, I. K., & Putra, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2, 113–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15389
Sari, E., Sumarno, S., & Setya Putri, A. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 150. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761
Sari, N. L. K. Y., Pudjawan, K., & Suarjana, I. M. (2016). Penerapan Model CRH Berbantuan Media Visual 3D Untuk Meningkatkan Motivasi. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6953
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.
Sulaksana, Y. T., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19346
Sutarna, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6068
Triyana, A., Rara, Y., Agung, I. G., & Negara, O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran ( SAVI ) Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 40–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24577
Veronica, M. (2017). Penggunaan model savi (somatic, auditory, visual, intelectual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di kelas v sd negeri 22 rejang lebong. Eprints, 1–73. http://e-theses.iaincurup.ac.id/639/
Wardani, F. P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pancar Pendidikan Anak Cerdas Dan Pintar, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Yati, E., Witri, G., & Alpusari, M. (2017). Pengaruh Media Visual Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah 6 Pekanbaru. 54, 1–9. https://www.neliti.com/id/publications/200040/pengaruh-media-visual-tiga-dimensi-terhadap-hasil-belajar-matematika-siswa-kelas
Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5683
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)