Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.26874Keywords:
Kkemampuan Membaca, Kuartet KartuAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh media kartu kuartet terhadap kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 SD Negeri 2 Argasari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian ini adalah Pre – Eksperimental dengan bentuk desain One – Group Pre test – Post test Design, Populasi penelitian sebanyak 19 responden dan sampel sebanyak 19 orang. Pengambilan sampel dengan quota sampling. Pengumpulan data melalui lembar wawancara dan test, pengolahan data kuantitatif diselesaikan melalui pengolahan data deskriptif dengan uji hipotesis. Hasil penelitian tentang kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kuartet terdapat perbedaan dan peningkatan rata-rata kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 sehingga hipotesis diterima
References
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Brlajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
________________. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryono. 2019. Metodologi Oenelitian Kuantitatif, Kualitatif, Mix Method. Depok: Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Posdakarya.
Subhani. 2011. Kartu Kuartet dan Pembelajaran (Online). Tersedia : http://stkipselong.blogspot.com/2011/01/kartu-kuartet-dan-pembelajaran.htm1. (13 November 2019).
Tarigan, Henry. 2015. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tampubolon. 2008. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)