Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Hemas Maya Sulastri Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Yopa Taufik Saleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Sunanih Sunanih Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.26874

Keywords:

Kkemampuan Membaca, Kuartet Kartu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh media kartu kuartet terhadap kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 SD Negeri 2 Argasari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian ini adalah Pre – Eksperimental dengan bentuk desain One – Group Pre test – Post test Design, Populasi penelitian sebanyak 19 responden dan sampel sebanyak 19 orang. Pengambilan sampel dengan quota sampling. Pengumpulan data melalui lembar wawancara dan test, pengolahan data kuantitatif diselesaikan melalui pengolahan data deskriptif dengan uji hipotesis.  Hasil penelitian tentang kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kuartet terdapat perbedaan dan peningkatan rata-rata kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 sehingga hipotesis diterima

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Brlajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryono. 2019. Metodologi Oenelitian Kuantitatif, Kualitatif, Mix Method. Depok: Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Posdakarya.

Subhani. 2011. Kartu Kuartet dan Pembelajaran (Online). Tersedia : http://stkipselong.blogspot.com/2011/01/kartu-kuartet-dan-pembelajaran.htm1. (13 November 2019).

Tarigan, Henry. 2015. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tampubolon. 2008. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca pada Anak. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Sulastri, H. M., Saleh, Y. T., & Sunanih, S. (2020). Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 486–492. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.26874

Issue

Section

Articles