Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SDN Pada Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa

Authors

  • Luh Desy Handayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • M. G. Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27330

Keywords:

Tindak Pembelajaran Guru, Keterampilan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kontribusi tindak pembelajaran guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri pada peningkatan keterampilan menulis siswa tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian entografis. Subjek terteliti adalah guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri dan siswa kelas 1 berjumlah 27 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Sebagai instrumen kunci dalam penelitian adalah peneliti sendiri hadir di lapangan dilengkapi dengan lembar observasi dan wawancara. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, penarikan simpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Kontribusi Tindak Pembelajaan Guru Kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri Pada Peningkatan Keterampilan Menulis dalam kategori Structuring guru cenderung mengingatkan siswa teknik menulis yang baik. Kategori Soliciting, kecenderungan guru memberikan tugas kepada siswa berupa membuat kalimat. Kategori Reacting, guru cenderung membimbing dan penguatan berupa memotivasi, menegur disertai tindakan nonverbal berupa ekspresi wajah dan gerak tubuh seperti menunjuk dan tepuk tangan. Temuan terkait dengan alasan-alasan melatarbelakangi guru dalam menampilkan tindak pembelajaran tertentu, pertama agar siswa lebih bersemangat dan berkonsentrasi dalam belajar terutama dalam keterampilan menulis, kedua agar peningkatan dalam pemahan tentang keterampilan menulis baik, ketiga guru berharap agar siswa menjadi disiplin.

Author Biographies

Luh Desy Handayani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

M. G. Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. . G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:Aditya Media Publishing.

Arista, N. L. P. Y., & Putra, D. K. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write ( TTW ) Berbasis Literasi terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 284–292. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19413

Astriani, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Gaser Terhadap Ketrampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Ngesrep 01. Jurnal Pendas Mahakam, 2(1), 91–99. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/view/99

Ayu, I., & Darmayanti, M. (2014). Peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2–3(Jilid 47), 145–154. https://www.google.co.id/search?q=journal.ui.ac.id&oq=journal.ui.ac.id&aqs=chrome..69i58j69i57.16763j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

B Uno, H. & L. (2008). Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta:Rajawali Pers.

Desimyari, M., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 141. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17621

Drs. I Ketut Dibia, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11011

Dwitha Evayanti, A. M., & Sumantri, M. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IIIA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 42. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10124

Efendi, R., & History, A. (2017). Penerapan metode silaba untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia. II(2), 288–299.

Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar. Refika Aditama.

Herdiansyah, H. (2019). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Depok:Rajawali Pers.

Hidayah, W. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Buku Harian Siswa Kelas I a Sd N Plebengan Sidomulyo Bantul Tahun 2015 / 2016 Improving the Early Writing Skills Using Diary for I St Grade Students in. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Hitipeuw, I., & Malang, P. N. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa dengan Latar Belakang Broken Home Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 3(6), 806–809.

Irtadji, M. (2014). Tindak Pembelajaran Guru yang Menumbuhkembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17977/jph.v2i1.4438

Isna Ilvi Nurrohmah , Suharmono Kasiyun , Nafi ’ ah, M. T. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Bahasa Indonesia SD. SEJ (School Education Journal), 10(1).

Kristiantari, R. (2005). Konstribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 3 Sekolah Dasar Pada Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa.

Lakilaf, N. S., & Suarjana, I. M. (2017). Penerapan Model Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kelas Ii Sdn 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 284. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12295

Mesterianti, M., Simarmata, M. Y., & Firtawati, S. (2019). Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(1), 98. https://doi.org/10.31571/edukasi.v17i1.1083

Miles & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta:Universitas Indonesia.

Morissan. (2019). Riset Kualitatif. Jakarta:Predana Media.

Naitili, C. A., Suardana, I. M., & Ramli, M. (2019). Penerapan Metode Sas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 320–328. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20675

Nuryamah, I., Sunarya, D. T., & Irawati, R. (2016). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris, 1(1), 761–770. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3566

Pertiwi, I. J. (2018). Peningkatan Keteramoilan Menulis Permulaan Menggunakan Media Gambar Tunggal Pada Siswa Kelas IIA SD Negeri The Early Writing Skill Improvement Using Singel Picture Media On 2nd A. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 32.

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Prayoga, R. ., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Berbantuan Media Buku Cerita Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1498–1503.

Purwanti, T. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Geneng Jepara. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 100. https://doi.org/10.30659/j.5.2.100-105

Qodaroh, Q. (2017). Peningkatan Ketrampilan Menullis Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Siswa Kelas I Sd Negeri Gamer 02 Kota Pekalongan. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.598

Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Di Kelas I Sdn 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586

Rufaida, A. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Model Quantum Learning Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri Karangasem 1 Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. 9(1). https://doi.org/10.1558/jsrnc.v4il.24

Sumerti, N. L., Putra, I. K. A., & Suardika, I. W. R. (2014). e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD ( Vol : 2 No : 1 Tahun 2014 ) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SDN 22 Dauh Puri, Jurusan Pen.

Suwastini, L. S., Arini, N. W., & Raga, G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas Iv Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Gugus Vii Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta:Angkasa.

Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693

Yanti, D. A. S., Agung, A. A. G., & Suwatra, I. I. W. (2013). Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas Iv SDN 1 Ubud.

Yogyantoro, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Diorama Siswa Kelas Iv Essays Description Writing Skills Improvement Using Media Diorama At Class Iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(571), 1–10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/5378/5085

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Handayani, L. D., & Kristiantari, M. G. R. (2020). Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SDN Pada Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 255–261. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27330

Issue

Section

Articles