Pengaruh Model Pembelajaran Cycle 5E Berbantuan Media Video Terhadap Sikap Sosial

Authors

  • I Putu Sabda Ramadinata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Wawan Sudatha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cycle 5e berbantuan media video terhadap sikap sosial siswa kelas IV SD gugus V Kecamatan Melaya tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD di gugus V Kecamatan Melaya yang berjumlah 154 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 4 Tukadaya sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas IV SDN 3 Tuwed sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 siswa. Data sikap sosial siswa dikumpulkan menggunakan metode non tes dengan instrumen kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cycle 5e berbantuan media video terhadap sikap sosial siswa (Fhitung = 6,68 >Ftabel = 2.01). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran cycle 5e berbantuan media video terhadap sikap sosial siswa.

Author Biographies

I Putu Sabda Ramadinata, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gede Wawan Sudatha, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Desak Putu Parmiti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Adam, Steffi dan Taufik Syastra. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam”. CBIS Journal, Volume 3, Nomor 2, ISSN:2337-8794 (hlm. 78-90).

Agung, A. A. (2016). Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Agustiningsih. 2015. "Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar". Pancaran, Vol. 4, No. 1 (hlm. 55-68).

Ahmadi, A. H. (2007). Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Alessi, S. M., & Trollip, S. (2001). Multimedia for learning: methods and development. Massachusets: A Pearson Education.

Astriani, Dyah, dkk. 2016. "Model Pembelajaran Learning cycle 5e: Mengaktifkan Siswa Pada Materi Suhu Dan Perubahannya". JPPIPA, Vol.1, No.2, (hlm. 71-75).

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asthira, I. W. (2016). Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle “5e” terhadap hasil belajar IPAsiswa kelas V di gugus III. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (1).

Batubara, Hamdan H. dan D. Noor Ariani. ”Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI". Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol.2, No.1 (hlm. 47-66).

Cakra, G. (2015). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain peran terhadap sikap sosial dan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VI SD N 29 Dangin Puri tahun pelajaran 2014/2016. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5 (1). 1-10

Candiasa, I. M. (2010). Statistik univariat dan bivariat diserati dengan aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Singaraja.

Dantes, N. (2007). Metode penelitian. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ditriguna, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 5e Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri 5 Pendung.

Johari, Andriana, dkk. (2014). "Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa". Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 1, No. 1.

Kementrian pendidikan dan kebudayaan. (2015). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar(SD). Jakarta : direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah

Koyan, I. W. (2012). Statistik pendidikan teknik analisis data kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kuriniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Kata Pena.

Mahadewi, L. P., & dkk. (2012). Media video pembelajaran. Singaraja: UNDIKSHA PRESS.

Novitasari, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5E bermuatan gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.5 (2). 1-10.

Noviantari, Pt. Suarniti. 2015. "Penerapan Model Pembelajaran Learning cycle 5e Berbantuan LKS Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika". Jurnal Santiaji Pendidikan, Vol. 5, No. 2. (hlm. 158-170).

Ormord, J. E. (2012). Educational psychology developing learners (terjemahan). Erlangga.

Riduwan. (2013). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Shofiah, Siti. dkk. 2018. "Pembelajaran Learning cycle 5e Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri". Kreano, 9 (1), hlm. 54-62.

Setyosari, P. (2015). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran INOVATIF dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Supriatna, D., & Mochamad, M. (2009). Konsep dasar desain pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Tegeh, I. M. (2015). Media pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tiara, S. Kandita dan E. Yuliana Sari. 2019. "Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SDN 1 Watulimo". Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 11, No. 1 (hlm. 21-30).

Tuna, A., & Kacar, A. (2013). The effect of 5E learning Cycle model in teaching trigonometry on students' academic achievement and their permanence of their knowledge. International Journal on Trends and Their Implications.

Utami, Yekti. (2018). "Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang". Sosiolium, Vol. 1, No.1 (hlm. 40-52).

Virani, I.A. Dewi, dkk. (2016). "Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng". e-Journal PGSD Undiksha, Vol. 4, No. 1 (hlm. 1-11)

Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-07-22

How to Cite

Ramadinata, I. P. S., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cycle 5E Berbantuan Media Video Terhadap Sikap Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 158–165. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27336

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)