Pengaruh Model Pembelajaran Cycle 5E Berbantuan Media Video Terhadap Sikap Sosial
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27336Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cycle 5e berbantuan media video terhadap sikap sosial siswa kelas IV SD gugus V Kecamatan Melaya tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD di gugus V Kecamatan Melaya yang berjumlah 154 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 4 Tukadaya sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelas IV SDN 3 Tuwed sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 siswa. Data sikap sosial siswa dikumpulkan menggunakan metode non tes dengan instrumen kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran cycle 5e berbantuan media video terhadap sikap sosial siswa (Fhitung = 6,68 >Ftabel = 2.01). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran cycle 5e berbantuan media video terhadap sikap sosial siswa.
References
Adam, Steffi dan Taufik Syastra. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam”. CBIS Journal, Volume 3, Nomor 2, ISSN:2337-8794 (hlm. 78-90).
Agung, A. A. (2016). Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Agustiningsih. 2015. "Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar". Pancaran, Vol. 4, No. 1 (hlm. 55-68).
Ahmadi, A. H. (2007). Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Alessi, S. M., & Trollip, S. (2001). Multimedia for learning: methods and development. Massachusets: A Pearson Education.
Astriani, Dyah, dkk. 2016. "Model Pembelajaran Learning cycle 5e: Mengaktifkan Siswa Pada Materi Suhu Dan Perubahannya". JPPIPA, Vol.1, No.2, (hlm. 71-75).
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asthira, I. W. (2016). Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle “5e” terhadap hasil belajar IPAsiswa kelas V di gugus III. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (1).
Batubara, Hamdan H. dan D. Noor Ariani. ”Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI". Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol.2, No.1 (hlm. 47-66).
Cakra, G. (2015). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain peran terhadap sikap sosial dan kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas VI SD N 29 Dangin Puri tahun pelajaran 2014/2016. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 5 (1). 1-10
Candiasa, I. M. (2010). Statistik univariat dan bivariat diserati dengan aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Singaraja.
Dantes, N. (2007). Metode penelitian. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ditriguna, I. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 5e Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Negeri 5 Pendung.
Johari, Andriana, dkk. (2014). "Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa". Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 1, No. 1.
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. (2015). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar(SD). Jakarta : direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah
Koyan, I. W. (2012). Statistik pendidikan teknik analisis data kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kuriniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Kata Pena.
Mahadewi, L. P., & dkk. (2012). Media video pembelajaran. Singaraja: UNDIKSHA PRESS.
Novitasari, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5E bermuatan gerakan literasi sekolah terhadap hasil belajar IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.5 (2). 1-10.
Noviantari, Pt. Suarniti. 2015. "Penerapan Model Pembelajaran Learning cycle 5e Berbantuan LKS Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika". Jurnal Santiaji Pendidikan, Vol. 5, No. 2. (hlm. 158-170).
Ormord, J. E. (2012). Educational psychology developing learners (terjemahan). Erlangga.
Riduwan. (2013). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.
Shofiah, Siti. dkk. 2018. "Pembelajaran Learning cycle 5e Berbasis Pengajuan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Topik Trigonometri". Kreano, 9 (1), hlm. 54-62.
Setyosari, P. (2015). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran INOVATIF dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Supriatna, D., & Mochamad, M. (2009). Konsep dasar desain pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Tegeh, I. M. (2015). Media pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Tiara, S. Kandita dan E. Yuliana Sari. 2019. "Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SDN 1 Watulimo". Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 11, No. 1 (hlm. 21-30).
Tuna, A., & Kacar, A. (2013). The effect of 5E learning Cycle model in teaching trigonometry on students' academic achievement and their permanence of their knowledge. International Journal on Trends and Their Implications.
Utami, Yekti. (2018). "Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran IPS Pada Siswa SMP Islam Sudirman Ambarawa Kabupaten Semarang". Sosiolium, Vol. 1, No.1 (hlm. 40-52).
Virani, I.A. Dewi, dkk. (2016). "Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng". e-Journal PGSD Undiksha, Vol. 4, No. 1 (hlm. 1-11)
Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)